Tres Leches Cake


Milk Bath Cake ini berasal dari Mexico atau disebut Tres Leches Cake, yang artinya kue dari 3 jenis susu yaitu Susu full cream, susu evaporasi, dan susu kental manis. kalau yang suka kue lembut dan wangi - wangi susu plus ada kuahnya dikit ini enak banget :) oh ya, yang aku warnanya hijau karena aku tambahin ekstrak pandan, dan aku buat susunya banyak karena aku suka yang berair, tapi balik lagi ke selera masing" ya :)

Bahan Dasar:
  • 1 1/2 cup Tepung terigu (aku pakai protein sedang)
  • 1 sdt Baking powder
  • 1/2 cup Mentega
  • 3/4 cup Gula
  • 5 butir Telur
  • 1/2 sdt Ekstrak vanila (aku pakai 1 sdt vanila bubuk)
  • aku tambahin sedikit ekstrak pandan biar warna dan wangi nya bagus hehe
Bahan Milk Bath:
  • 2 cup Susu full cream
  • 1 kaleng Susu evaporasi
  • 1/2 kaleng Susu kental manis
Bahan Topping:
  • 200 gr whipped cream bubuk
  • 200 ml air dingin (aku ga terlalu suka whipped cream jadi aku ganti dengan keju aja)
Cara membuat kue:
  1. Masukkan mentega dan gula ke mixer, kocok sampai mengembang. Lalu tambahkan ekstrak vanila.
  2. Kocok telur, tuang ke dalam adonan.
  3. Campur baking powder dan terigu, aduk di wadah lain lalu campur ke adonan.
  4. Olesi mentega dan terigu di loyang yang akan digunakan.
  5. Tuang adonan ke loyang, ratakan, Jangan lupa digoyang-goyangkan dan dihentakkan dulu ke meja supaya tidak ada udara yang terperangkap di dalam.
  6. Panggang selama 30-40 menit dalam ushu 180 derajat celcius. Sebelumnya sudah dipanaskan terlebih dahulu ovennya.
  7. Setelah matang, tusuk-tusuk kue dengan garpu agar susu meresap.
  8. Tuang susu ke kue (mandikan kue dengan susu).
  9. Hias dengan topping. Lalu dinginkan di kulkas dan sajikan.
Cara membuat topping (aku skip):
  1. Campurkan whipped cream bubuk dengan air dingin.
  2. Kocok hingga mengembang dan kaku, simpan di kulkas sebentar.
  3. Masukkan ke piping bag. Hias.


resep: http://nieke.keritikentang.com/

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment

Back
to top